DIALOG ALLAH DENGAN MALAIKAT MAUT

Semua yang bernyawa akan merasakan mati. Setiap yang hidup pasti akan mati. Begitu juga dengan manusia. Kapankah? Itu semua adalah urusan Allah SWT. Allah SWT Maha Mengetahui.

Dalam kitab Tazkirah karya agung Imam Al Qurthubi, dijelaskan bahwa ajal adalah rahsia Allah SWT. Namun begitu hal ini malah membuat malaikat maut menjadi menangis, dan terkadang malah tertawa.

Malaikat Maut yakni Izrail pernah menangis dan tertawa ketika mencabut nyawa manusia ini. Maka dari itu, Allah SWT berdialog dengan malaikat Izrail ini.

Allah SWT bertanya kepada Malaikat Izrail,
“Apakah kamu pernah menangis ketika kamu mencabut nyawa anak cucu Adam?”
“Aku pernah tertawa, prnah juga menangis dan pernah juga terkejut dan kagum.”

Allah SWT bertanya,
“Apa yang membuatmu tertawa?”
“Ketika aku bersiap-siap untuk mencabut nyawa seseorang, aku melihatnya berkata kepada pembuat sepatu, ‘Buatlah sepatu sebaik mungkin supaya boleh dipakai selama setahun.”
“Aku tertawa karena belum sempat orang tersebut memakai sepatu, dia sudah kucabut nyawanya,” tutur Malaikat Izrail.

Allah SWT bertanya lagi,
“Apa yang membuatmu menangis?”
“Aku menangis ketika hendak mencabut nyawa seorang wanita hamil di tengah padang pasir yang tandus dan hendak melahirkan. Maka aku menunggunya sampai bayinya lahir. Lantas kucabut nyawanya sambil menangis karena mendengar tangisan bayi yang malang tersebut.”

Allah SWT bertanya,
“Apa yang membuatmu kaget dan terkejut?”
“Aku terkejut dan kagum ketika hendak mencabut nyawa salah seorang ulama Engkau. Aku melihat cahaya yang terang benderang keluar dari kamarnya.”

“Setiap kali aku mendekatinya, cahaya itu semakin menyilaukan seolah-olah ingin mengusirku. Kemudian kucabut nyawanya disertai cahaya terang benderang tersebut,” jelas malaikat selanjutnya.

Kisah Teladan Islami

SILA SHARE DAN SEBARKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *