Manusia Ini ibarat Sebuah Pohon

Manusia Ini ibarat Sebuah Pohon. Bila Rantingnya Rusak, Dahannya Lapuk, Daunnya Kering, Atau Buahnya tak elok, maka seseorang yang memiliki Keilmuan yang rapuh dia akan memotong Ranting yang rusak itu, memangkas Dahan yg Lapuk, dan Membuang Daun atau buah yg tak baik pada Pohon tersebut.. Tapi Seseorang yang memiliki keilmuan dan pengetahuan yang mantab, ia akan merawat akar pada pohon tersebut. Ia akan menyiram dan memupuk akar dari pohon tersebut agar baik semuanya.

Begitu juga dalam hidup. Seseorang yang ditimpa banyak kesulitan, kesusahan dan berbagai macam problematika di dunia ini, bila dihadapkan pada suatu masalah
Maka sikaf seseorang yang bijaksana, yang memiliki ilmu ketauhidan yang mantab akan menilik AKAR PERMASALAHAN yang ia hadapi.
Ia akan mencari puncak asal dari munculnya masalah itu. Bukan malah menyelesaikan satu masalah yg tampak, tapi terlupa terhadap AKAR PERMASALAHAN. Tak Heran bila sikap seperti ini, akan memunculkan masalah yang baru.
Rasulullah SAW bersabda, Seorang Mukmin itu Ibarat Pohon. Maka akar pada diri seorang mukmin adalah TAUHID. Bila tauhid pada diri seseorang itu mantab, maka hasil dari ketauhidan itu adalah AKHLAK MUHAMMADIYAH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *