Selamat Menyambut Awal Muharram

Imam Harits Al-Muhasibi pernah menuturkan didalam kitab beliau ” Adab An-nufus” :
Cara yang paling efektif untuk memperbaiki urusan agama adalah membersihkan hati dari cinta dunia .

Apabila seseorang telah melakukan hal itu maka tidak akan berat baginya untuk meninggalkan dunia dan mengutamakan akhirat.

Kita sering berfikir kenapa kita susah untuk hijrah dengan baik, ternyata sebabnya adalah kecintaan dunia didalam hati kita masih besar.

Kemudian, apakah tidak cinta dunia itu kita harus hidup fakir, miskin?

Beliau juga menjelaskan tentang hal ini :

“Seseorang tidak akan dapat membersihkan hati dari cinta dunia kecuali dengan menggunakan alatnya. Aku tidak mengatakan bahwa alatnya adalah kemiskinan, kepapaan, banyak puasa, solat, haji dan jihad semata-mata .Bukan itu semua. Alatnya adalah fikiran, tidak banyak angan-angan,selalu bertaubat, menghindari sifat tinggi hati, selalu rendah hati, menyibukkan hati dengan bertakwa, selalu sedih kerana dosanya dan banyak menyesali atas kesalahannya.

Bahkan beliau mengatakan: Betapa banyak orang yang rajin melaksanakan ibadah akan tetapi cintanya kepada dunia semakin besar. Betapa banyak orang yang sedikit ibadah sunnah akan tetapi cintanya kepada dunia semakin sedikit, Apa penyebabnya? Kerana ia selalu berfikir dan tidak banyak berangan angan, ia selalu membiasakan hatinya untuk ingat bahwa segala sesuatu akan ditinggalkannya dan ia selalu ingat akan kematian.

Mudah mudahan kita dapat memperbaiki kehidupan kita untuk peroleh kejayaan dunia dan akhirat.

Selamat Tahun Baru Islam 1439 Hijriah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *